Rahasia Desain Kolam Ikan Hias Koi






Rahasia Desain Kolam Ikan Hias Koi merupakan topik kali ini yang akan kita bahas.

Dasar-dasar Desain Kolam Ikan Koi Yang Minimalis

Sebuah kolam ikan koi harus dirancang dengan benar agar ikan dapat berkembang. Para ahli menganjurkan agar desain kolam ikan koi dimaksudkan untuk memenuhi beberapa persyaratan tertentu untuk menyediakan habitat yang terbaik bagi ikan. Umumnya, kolam ikan koi lebih besar dari kolam ikan biasa.

Persyaratan Ukuran Kolam Ikan Koi

  • Mempunyai kedalaman sekitar 3 kaki (3 ft.) 
  • Ukuran luas kolam adalah 7.62 Meter Persegi dari luas kolam per 1 ikan koi. 
  • Tidak kurang dari 1.000 galon air 

Poin penting adalah menyadari bahwa ikan koi membutuhkan tempat yang teduh. Jika lokasi kolam Anda di bawah sinar matahari langsung, pertimbangkanlah untuk menempatkan beberapa tanaman mengambang seperti bunga lili air. Setengah dari permukaan kolam harus teduh untuk menyediakan koi dengan tempat yang nyaman di mana mereka dapat melarikan diri sinar matahari. Manfaat lain dari tanaman mengambang adalah bahwa mereka menyediakan tempat bagi ikan untuk bersembunyi dari predator.

Tanaman air merupakan elemen penting dari kolam koi. Tanaman air membantu menyeimbangkan ekosistem, menciptakan rumah yang lebih alami untuk ikan. Beberapa tanaman berfungsi sebagai oksigenator, yang berarti mereka akan melepaskan oksigen ke dalam air, yang kemudian ikan dapat bernapas. Selain itu, koi memakan berbagai jenis tanaman air.

Menurut Triplett Eric dari The Digger Pond,

"Ikan tidak harus makan asalkan Anda tidak terlalu banyak menimbun kolam Anda, mereka akan hidup dari ganggang, serangga dan makanan lain-lain yang disediakan oleh lingkungan." 

Jadi kesimpulannya tanaman air tertentu dapat dimasukkan sebagai salah satu sumber makanan.

Penyaringan Kolam Ikan Koi

Sebuah filter kolam yang baik akan membantu menjaga kolam Anda jernih dan bersih. Koi menghasilkan sejumlah besar limbah, dah hal inilah yang membuat anda membutuhan filter. Ada dua jenis filtrasi: mekanis dan biologis.

Teknik filtrasi perangkap puing-puing dan limbah ikan. Keranjang pompa, saluran air dan bawah skimmer semua baik untuk filtrasi mekanik. Filtrasi biologis memanfaatkan bakteri menguntungkan untuk mengubah racun menjadi zat yang tidak berbahaya.

Aerasi atau Penganginan

Ikan membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup. Tergantung pada ukuran kolam Anda, jumlah tanaman yang tumbuh dan jumlah ikan Anda mungkin perlu mempertimbangkan aerasi. Aerasi merupakan proses di mana oksigen diedarkan melalui air kolam.

Air terjun dan air mancur adalah dua cara yang efektif untuk menganginkan kolam. Gerakan air akan memungkinkan oksigen beredar secara alami. Namun, Anda juga mungkin ingin mempertimbangkan untuk memasang peralatan yang akan membantu menganginkan kolam Anda. Pompa Aerasi atau jetpump sangat bermanfaat jika Anda tinggal di iklim panas atau memiliki jenis ikan besar.

Kualitas Air

Kualitas air kolam ikan akan berdampak pada kesehatan ikan Anda. Anda harus memperhatikan suhu air dan tingkat pH. Suhu air yang ideal untuk kolam ikan koi adalah 39° sampai 68° F. Semakin dalam kolam Anda adalah akan lebih mudah untuk mengatur suhu. Tingkat pH terbaik untuk kolam ikan koi adalah antara 7,0 dan 7,8.

Perlu anda ketahui bahwa klorin berbahaya bagi koi, klorin akan membakar insang ikan dan mungkin menyebabkan kematian. Untuk alasan ini, Anda harus menunggu setidaknya satu minggu setelah mengisi kolam Anda agar klorin sudah menghilang sebelum mengisi kolam dengan ikan. Jika Anda tidak ingin menunggu, Anda dapat membeli dechlorinator dari sebuah toko hewan peliharaan lokal.

desain kolam ikan hias koi
Gambar desain kolam ikan hias koi ini dirancang dengan baik. Ini adalah contoh kolam ikan koi yang menyediakan banyak air, memiliki air mancur untuk aerasi, dan memiliki banyak tanaman yang menyediakan ikan dengan makanan, teduh dan tempat-tempat untuk bersembunyi. Foto digunakan dengan lisensi Creative Commons dari pengguna flickr s_w_ellis.



Ditulis oleh Budi @ Budi-Wibowo.com
Jangan lupa untuk sharing tips ini pada kerabat anda. Silahkan komentar bila anda punya tips dasar dan rahasia yang lain mengenai desain kolam ikan hias koi yang minimalis.

Cek artikel menarik lain seperti Rahasia Desain Kolam Ikan Hias Koi di blog kami.

No comments: